Promosi

Penggerak Roda Belakang RWD

Kelebihan Mobil Penggerak Roda Belakang

Mari kita simak, kelebihan dan kelemahan mobil penggerak roda belakang. Terdapat 2 kelebihan utama dari mobil penggerak roda belakang yaitu:

  • Desain penggerak mobil dengan penggerak roda belakang sangat sederhana. Terutama desain pada as roda, sangat kokoh dan kuat. Walaupun sering digunakan di jalanan yang rusak, biaya perbaikan tidak akan sebesar dari mobil penggerak roda depan. Sebagai contoh, jika anda tanpa sengaja melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, pada mobil penggerak roda belakang lebih sering tidak akan terjadi kerusakan. Andai kata terjadi kerusakan pada as roda, biaya perbaikan jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil penggerak roda depan dan penggerak empat roda 4WD
  • Mobil penggerak roda depan, sangat rawan akan kerusakan as roda jika anda melewati jalanan rusak tanpa sengaja dengan kecepatan lumayan tinggi. Selain itu, ongkos perbaikan as roda juga lebih mahal di mobil penggerak roda depan. Keunggulan mobil penggerak roda belakang juga terdapat pada stabilitas mobil yang lebih bagus. Terutama keseimbangan mobil saat anda berakselerasi dan pada saat mobil di setir pada kecepatan tinggi. Penyebabnya adalah berat kendaraan yang seimbang dari depan sampai ke belakang, karena terdapat as panjang ke roda belakang. Oleh karena itu, sebagian besar mobil balap memakai sistem penggerak roda belakang. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak roda belakang, di saat mengangkut beban berat lebih mudah dikendalikan.

Kelemahan Mobil Penggerak Roda Belakang


  • Sistem penggerak roda belakang, kurang mendapat traksi di saat kondisi jalan licin karena hujan atau berpasir. Hal ini disebabkan karena daya dorong mobil berada di roda belakang. Jadi mobil akan susah dikendalikan saat kecepatan tinggi di jalanan yang licin. Di mobil mewah dan mobil balap, pada mobil penggerak roda belakang. Saat ini telah dilengkapi dengan sistem kontrol traksi roda atau lebih dikenal dengan nama traction control System. Tujuannya untuk membantu pengendalian mobil saat pacu di jalanan licin pada kecepatan tinggi.
  • Sebaliknya pada sistem penggerak roda depan, traksi ban mobil di jalanan licin lebih bagus walaupun tanpa kontrol traksi roda. Hal ini disebabkan karena daya dorong mobil berada di roda depan. Selain itu, berat mobil lebih banyak berada di depan, karena tidak terdapatnya as menempel di bagian belakang mobil.
  • Karena penambahan As panjang pada mobil untuk menggerakkan roda belakang, maka berat mobil akan bertambah. Hal ini mengakibatkan lebih boros nya konsumsi bahan bakar. Selain itu biaya produksi dari pemasangan mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih mahal, berakibat akan nilai jual baru dari mobil.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penggerak Roda Belakang RWD"

Posting Komentar

*Anda Sopan Kami Segan*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel