Promosi

Penggerak Roda Depan FWD

Kelebihan dan Kekurangan Penggerak Roda Depan FWD

Saat ini banyak sekali mobil dengan sistem penggerak roda depan. Alasan mengapa banyak mobil dengan penggerak depan karena bagi produsen cenderung lebih murah untuk diproduksi. Hal ini terjadi karena komponen pada penggerak roda depan lebih sedikit dibandingkan dengan penggerak roda belakang (Front Wheel Drive).

FWD

Akan tetapi, bukan berarti tidak memiliki kelebihan untuk para konsumen. Kelebihan yang didapat untuk konsumen adalah konsumsi bahan bakar pada sistem penggerak ini lebih irit. Hal ini terjadi karena penyaluran tenaga dari mesin langsung ke roda depan tanpa harus melalui poros gardan.

Namun, penggerak depan juga memiliki kelemahan. Umumnya, mobil-mobil penggerak depan memiliki komponen kaki-kaki yang tidak tahan lama penggerak belakang. Kemudian, mobil dengan penggerak belakang tidak sekuat mobil-mobil penggerak belakang. Jadi jika kamu tinggal di perkotaan, kamu bisa memilih mobil dengan penggerak depan.

Baca juga: Transmisi Manual
Baca Juga: Transmisi Otomatis

Dengan sistem penggerak roda depan, berat kendaraan terdapat di bagian depan. Hal ini membuat pengendalian mobil di kecepatan tinggi saat mobil berisi penuh penumpang, lebih susah dikendalikan. Dibandingkan dengan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.

Karena kemudi dan penggerak tenaga ada di roda depan, maka saat mobil melaju keadaan tidak stabil untuk bergerak ke arah kiri atau kanan dan ini adalah kelemahan mobil sistem penggerak roda depan. Oleh karena itu, sangat jarang mobil balap mengunakan sistem penggerak roda depan. Walaupun ada beberapa mobil balap yang mengunakan FWD, tapi harus di bantu dengan sistem komputer yang namanya kontrol traksi.

Mobil penggerak roda depan, lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak. Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Penggerak Roda Depan FWD"

Posting Komentar

*Anda Sopan Kami Segan*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel